AYO DOLAN


            Dolan? Apasih dolan? Mungkin untuk orang yang bukan keturunan jawa akan bingung dan timbul sebuah pertanyaan tentang arti kata dari dolan tersebut, namun untuk telinga telinga orang jawa kata tersebut sudah tidak asing lagi. Supaya tidak menimbulkan pertanyaan yang semakin membingungkan bagi sebagian orang, disini saya akan mencoba untuk mengartikan kata “Dolan” tersebut kedalam bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia.
            Kata dolan sebenarnya sebuah kata yang berasal dari bahasa jawa, maka dari itu saya telah menyebutkan bahwa kata dolan sudah tidak asing untuk telinga orang jawa. Dolan dalam bahasa jawa memiliki arti kata “bermain” namun biasanya bermain disini lebih kedalam jalan-jalan, sehingga ayo dolan memiliki arti ayo bermain/jalan-jalan. Gmana? Masih bingung dengan kata dolan? Saya rasa sudah cukup jelas.
            Mungkin ada yang bertanya lagi, kenapa saya menulis tentang ayo dolan? Ini mungkin pertanyaan yang sederhana, namun sangat mendasar. Saya akan menjelaskan  secara sederhana juga alasan saya menulis ayo dolan. Ayo dolan adalah sebuah kata yang berarti mengajak siapapun tanpa ada yang terlupakan untuk dolan, untuk sekeder refreshing setelah berhari-hari bergelut dengan pekerjaan yang bertumpuk-tumpuk, atau refreshing dari tugas-tugas kuliah yang tak ada habisnya seperti saya sendiri yang kebetulan masih menyandang setatus sebagai mahasiswa disalah satu universitas di  Yogyakarta.
            Namun, tidak hanya refreshing yang menjadi alasan saya menulis ayo dolan, karena sebenarnya masih banyak alasan lagi, seperti dengan dolan kita bisa belajar bersyukur kepada sang pencipta tentang semua keindahan-keindahan yang telah Tuhan ciptakan, dan terutama kita berada di negara Indonesia yang menjadi gudang-gudang dari sebagian besar keindahan yang telah Tuhan ciptakan untuk kita. Mimpi besar saya adalah bisa menikmati semua keindahan-keindahan yang telah Tuhan ciptakan tersebut yaitu dengan Ayo Dolan, mungkin dimulai dari yang paling memungkinkan dulu seperti keliling Jogja lanjut keliling Jawa kemudian keliling Indonesia dan yang menjadi mimpi paling besar adalah bisa keliling dunia, Amiin...
            Dolan tidak harus dengan sesuatu perjalanan yang mahal, kenapa harus dengan sesuatu yang mahal kalau dengan yang murah aja bisa dolan juga. Dengan yang murah dolanpun akan lebih memberikan kesan yang mendalam. Disini saya akan mencoba berbagi tulisan tentang pengalaman dolan saya yang seadanya saja, tidak hanya pengalaman dolan saja yang akan saya bagikan disini, namun semua pengalaman yang bisa saya bagikan akan saya bagikan di blog yang sederhana ini. #AyoDolanCah
Bermimpilah,
Karena Tuhan Memberikan Kita Kebebasan Untuk Bermimpi.
Namun, Jangan Lupa Untuk Bangun Dari Mimpi Tersebut Dan
Wujudkan Mimpi Tersebut Menjadi Sebuah Kenyataan.

Comments

Post a Comment