GUNUNG API PURBA “NGLANGGERAN”



            Berawal dari rasa penasaran tentang gunung api purba yang katanya sangat indah, rasa penasaran itulah yang membawa perjalanan dolan kali ini ke gunung api purba. Gunung api purba adalah salah satu wisata alam pegunungan yang sedang menjadi primadona di kabupaten Gunungkidul pada saat ini, dan gunung api purba juga salah satu wisata alam yang sedang gencar-gencarnya melakukan promosi untuk menarik pengunjung atau wisatawan untuk datang ke gunung api purba. Gunung api purba terletak di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

            Sekitar pukul delapan pagi kami berangkat dari kampus tercinta menuju ke gunung api purba, perjalanan yang dibutuhkan sekitar satu sampai satu setengah jam dari kota Yogyakarta, jalanan yang dilalui sudah sangat bagus namun jalanan yang nanjak dan berkelok menjadi sebuah tantangan bagi kami yang kebetulan menggunakan sepeda motor jadi harus dibutuhkan skill dalam  mengendari motor untuk mencapai  gunung api purba.

            Setelah sampai di tempat parkir gunung api purba kami langsung memutuskan untuk langsung naik keatas gunung api purba, ternyata untuk mencapai puncak gunung api purba kita harus tracking kurang lebih selama satu jam. Jalan yang dilalui untuk tracking sampai puncak hanyalah jalan setapak yang sangat kecil sehingga kalau berpapasan dengan orang lain harus saling memberi jalan, jalanan yang masih terbuat dari susunan batu dan tanah tersebut menjadi licin karena  semalam di gunung api purba turun hujan sehingga kami harus berhati-hati kalau tidak ingin jatuh terpleset.


            Setelah kurang lebih tracking selama satu jam, akhirnya sampai juga di puncak gunung api purba, pemandangan yang disuguhkan dari puncak gunung api purba sangat indah sekali, kita dapat melihat embung Nglanggeran dari atas puncak gunung api purba, selain itu kita juga dapat melihat pemandangan alam yang begitu elok dari atas. Nampak gunung-gunung yang lain yang entah gunung apa saja itu dapat terlihat dari puncak gunung api purba, gunung-gunung batu yang berada di sekitar gunung api purba juga nampak indah dan begitu kokohnya. Udara yang ditawarkan dari atas puncak gunung api purba juga masih sangat segar dan sejuk, tak lupa kamipun berpose untuk mengabadikan beberapa gambar untuk mengabadikan keindahan gunung api purba.

Photo bareng cewek cantik hehehe :)
            Setelah merasa cukup dan waktu juga sudah siang kami memutuskan untuk turun dan pulang ke rumah atau kos kami masing-masing, namun ketika perjalanan tracking turun dari puncak gunung api purba hujan pun mulai turun sehingga kami bergegas untuk turun dan mencari tempat teduh sekalian untuk kami beristirahat. Setelah hujan lumayan reda kami memutuskan untuk pulang, karena takut kemalaman kalau harus menunggu benar-benar tidak hujan lagi. Oh iya, kalau naik ke puncak gunung api purba saya menyarankan untuk membawa air minum dari bawah, karena diatas puncak tidak ada yang jualan air minum, dan ingat sampah-sampahnya jangan dibuang sembarangan, sampahnya harus dibawa turun lagi sampai menemukan tempat sampah jangan sampai alam yang indah kita nodai dengan sampah-sampah tersebut, membuang sampah sembarangan tidak keren cah. #AyoDolanCah

Comments