CAMP DI PANTAI “WOHKUDU”

Banyak cara untuk menikmati keindahan alam yang ada, salah satunya adalah yang saya dan teman-teman lakukan kali ini yaitu dengan camping di pantai atau bermalam di pantai. Sebelum berangkat kami kumpul di SC, baru sekitar jam 2 siang kami berangkat menuju ke pantai Wohkudu. Pantai ini terletak di Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, GunungKidul. Perjalanan yang lumayan jauh dan jalanan yang naik turun membuat jiwa motor keluar, meliuk-liuk di jalan dan harus berani mengambil resiko dan ketepatan dalam memainkan motor inilah yang saya sukai dari perjalanan ini.
            Perjalanan di jalanan yang beraspal telah selesai, waktunya masuk keperkampungan untuk menuju ke pantai Wohkudu, jalanan yang masih terbuat dari tanah dan batu membuat kami semua harus benar-benar konsentrasi dengan jalanan yang naik turun dan terjal tersebut, salah-salah jika lengah sedikit bisa jatuh kedalam jurang yang lumayan dalam. Seperti membelah sebuah hutan untuk menuju pantai tersebut, kanan kiri yang ada hanyalah kebun pohon jati yang rimbun.
            Akhirnya tibalah juga di tempat penititpan motor, namun itu bukan berarti bahwa perjuangan menuju pantai telah selesai, karena kita harus berjalan lagi menuju pantai kurang lebih sepanjang 1-2 km. Jalan yang dilaluipun tidak mudah karena yang ada hanya jalan setapak yang terbuat dari susunan batu dan tanah, batu-batu yang terkadang masih tajam dan tanah yang licin membuat perjalanan semakin menantang. Tak lama kemudian samapailah di bibir pantai Wohkudu. Raut wajah senang tidak bisa kita sembunyikan, perjalanan menuju pantai yang syarat dengan tantangan telah terlewati, dan itu semua terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh pantai Wohkudu.
            Pantai ini masih sangat perawan, semua yang ada di pantai masih sangat alami, pantai yang masih sangat bersih belum ada sampah dimana-mana. Inilah pantai yang sangat di idam-idamkan oleh sebagian besar para penikmat alam, karena buang sampah sembarangan bukan contoh para penikmat alam namun para perusak alam. Pantai ini berada diantara tebing bukit yang sangat tinggi, jadi di samping kiri dan kanan pantai ini ada tebing yang sangat tinggi, jadi pantai inipun tidak begitu luas, dan pantai ini banyak karangnya jadi ketika ingin bermain air pantai harus berhati-hati karena karangnya tajam-tajam.

Setelah semua tenda berdiri, kami langsung masak untuk makan malam. Masak kali ini berbeda karena beratapkan langsung dengan langit yang penuh dengan bintang-bintang yang seolah-olah sedang mengawasi kita dari atas sana. Walaupun hanya makanan seadanya namun makanpun berasa begitu nikmatnya, makan bersama teman saling berbagi inilah yang saya sukai. Tak lupa sampah bekas bungkus makananpun kami kumpulkan kedalam kantong plastik besar, ingat jangan sampai membuang sampah sembarangan.
              Begitu indahnya pantai dimalam hari yang berhiaskan bintang-bintang dan suara deburan ombak yang begitu menenangkan hati dan jiwa. Saya menyempatkan diri untuk merenung sejenak dan tak lupa mengucap rasa syukur atas semua keindahan alam ini. Malam yang semakin larut tidak membuat kita berhenti untuk menikmati malam ini, kamipun berkumpul jadi satu untuk melakukan sebuah permainan yang mungkin selalu ada dalam sebuah kegiatan, yaitu kejujuran atau tantangan, permainan ini sangat seru dan mengasyikan semua bisa tertawa bebas lepas seperti sedang tanpa beban.
             Malampun semakin dingin, jampun sudah menunjukkan jam satu lebih kamipun memutuskan untuk istirahat. Keesokan harinya setelah bangun tidur, kami mandi bersama di pantai dengan udara pantai yang masih dingin. Namun, harus berhati-hati jika ingin mandi di pantai Wohkudu ini karena pantainya banyak batu karangnya yang tajam, salah-salah jika kurang berhati-hati akan terluka. Setelah mandi kami beristirahat sejenak sambil mengeringkan badan dari air pantai. Setelah kering kami beres-beres untuk pulang kembali ke kota dengan semangat baru untuk menghadapi hidup yang sebentar ini.

Salam kami untuk alam Indonesia, negeri tercinta. Ayo keluar jangan dirumah terus, banyak hal yang bisa kita explore dari alam Indonesia. #AyoDolanCah