Pantai Gesing “Tersembunyi namun Menawan”




            Ketemu lagi dengan gue, kali ini gue akan nulis tentang salah satu pantai yang ada di Gunungkidul yaitu pantai Gesing, gue ke pantai Gesing ini bersama teman-teman KKN gue, yap benar karena waktu itu gue lagi menjalani KKN di Gunungkidul. Seingat gue waktu itu adalah bulan puasa dan karena ingin berbuka puasa dengan cara berbeda maka gue dan teman-teman menujulah ke pantai Gesing ini yang tidak terlalu jauh dari tempat gue KKN.

Pantai Gesing merupakan salah satu pantai yang berada di gugusan pantai selatan tepatnya lokasi wisata pantai gesing Gunungkidul ini berada di  padukuhan Panjomolyo, Desa Girikarto, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul. Akses menuju pantai Gesing jika dari pusat kota Yogyakarta di sarankan untuk lebih lewat rute Imogori – Panggang dari pada harus menempuh melewati jalan wonosari karena jika menempuh jalur Wonosari akan menempuh waktu yang lebih lama karena harus memutari kota Wonosari. Karkater jalan Gunungkidul adalah menanjak dan berkelok-kelok maka dari itu harus berhati-hati jika ingin menuju pantai Gesing, namun kalau untuk gue sendiri gue suka jalan yang bekelok-kelok karena motor bisa meliuk-liuk namun harus tetap safety.
Pantai Gesing ini tidak terlalu berbeda jauh dengan pantai-pantai lainnya di daerah Gunungkidul, yap terdapat pasir putihnya dan terdapat juga batuan karang di sekitaran bibir pantai, dan pantai Gesing ini juga diapit oleh dua bukit karang yang besar yang menambah ciri khas pantai Gesing itu sendiri. Pantai Gesing juga terkenal dengan spot mancingnya itu yang gue dengar dari beberapa orang yang suka memancing, selain itu di pantai Gesing ini terdapat banyak kapal nelayan, yap benar karena sebagian besar warga di sekitar pantai Gesing adalah seorang nelayan. Kapal-kapal nelayan merupakan salah satu ciri khas pantai ini karena tidak semua pantai di  Gunungkidul terdapat kapal nelayan hanya beberapa pantai saja salah satunya ya pantai Gesing ini.
Mencari ikan segar dapat dilakukan di pantai ini karena ikannya langsung dari nelayan yang melaut mencari ikan, namun karena gue tidak begitu suka dengan yang namanya ikan laut karena amis maka gue tidak akan mendekat ke para penjual ikan padahal selama gue KKN hampir tiap hari selalu ada ikan laut untuk makan, entah untuk sarapan makan siang maupun makan malam. Karena pantai Gesing ini terdapat jual beli ikan laut jadi menurut gue pantai Gesing ini agak sedikit bau amis ikan laut.
Berphoto adalah salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di pantai Gesing ini karena terdapat beberapa spot yang menarik dan indah untuk diabadikan sebelum pulang meninggalkan pantai Gesing. Saran dari gue jangan pulang terlalu malam karena penerangan disepanjang jalan masih sangat minim, jadi kalau memang harus pulang malam maka harus berhati-hati karena jalanan juga tidak begitu bagus. Sekian dulu dari gue, ketemu lagi dengan tulisan pantai-pantai di Gunungkidul yang lainnya karena selama KKN banyak pantai yang gue kunjungi di Gunungkidul.

Comments